jump to navigation

Pemerintah China siap untuk Membangun Pelabuhan Perikanan di Indonesia bertaraf internasional, senilai Rp 500 Miliar March 24, 2006

Posted by ekon in investasi.
trackback

sumber berita: di sini

Salah satu bagian dari kerjasama investasi antar kedua negara, Pemerintah China sudah Menyatakan kesiapannya untuk Membangun 12 titik Pelabuhan Perikanan di Indonesia yang bertaraf internasional, senilai Rp 500 Miliar

Dari 12 titik pelabuhan yang ditawarkan kepada pemerintah China tersebut , dikemukakan oleh Dirjen Perikanan Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan, Husni Manggabarani, di Jakarta, Selasa (21/3), di antaranya Biak, Merauke, Tual, Bitung, Mimika, Nunukan, Sabang, Lampulo, Miangas dan Makassar.

“Saat ini mereka sedang melakukan pengkajian terhadap 12 titik yang ditawarkan tersebut dan China siap membangun satu pelabuhan perikanan,” katanya.

Menurut Husni, sebelum bulan Juli tahun 2007 nanti diharapkan pembangunan pelabuhan perikanan bertaraf internasional tersebut dapat segera direalisasikan.

Husni juga menyatakan bahwa selama ini China telah melakukan investasi dalam pengembangan pabrik pengolahan produk perikanan di Indonesia.

Pada tahun 2007 yang akan adatang, bentuk kerjasama penangkapan ikan antara Indonesia dengan China akan berakhir dan pemerintah Indonesia tidak akan lagi memperpanjang pola kerjasama tersebut.

Hal itu dikarenakan karena pemerintah Indonesia akan mengubah bentuk kerjasama dengan asing, dari pola pemberian izin penangkapan ikan di perairan Indonesia menjadi izin investasi melalui pengembangan industri.

Selain dengan pemerintah China, kerjasama penangkapan ikan dengan Filipina juga telah dihentikan pada akhir tahun 2005, sedangkan pada tahun 2006 akan terjadi penghentian izin penangkapan ikan dengan pihak Thailand, yang nantinya akan dialihkan menjadi kerjasama investasi. (media indonesia.com)

Comments»

1. BERITA « 4badi5entosa’s Blog - January 27, 2009

[…] Pemerintah China siap untuk Membangun Pelabuhan Perikanan di Indonesia bertaraf internasional, senil… March 24, 2006 […]

2. klynci_anay » Blog Archive » Pemerintah China siap untuk Membangun Pelabuhan Perikanan di Indonesia bertaraf internasional, senilai Rp 500 Miliar - August 10, 2010

[…] Salah satu bagian dari kerjasama investasi antar kedua negara, Pemerintah China sudah Menyatakan kes… […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: