jump to navigation

Kadin:paket kebijakan investasi seharusnya sudah dikerjakan setahun yang lalu. March 24, 2006

Posted by ekon in investasi.
trackback

sumber: klik di sini

Namun keterlambatan itu masih bisa dikejar dengan implementasi yang serius terutama penyelesaian empat undang-undang yang penting.

Ketua Umum Kadin Indonesia MS Hidayat, mengatakan, bahwa ada empat undang-undang yang harus diselesaikan oleh pemerintah dalam satu tahun ini, adalah RUU penanaman modal, RUU perpajakan, RUU Kepabeanan, dan revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan.

“Memang berat. Tapi saya menyatakan kita akan terlambat, kalau 2006 ini hal-hal yang fundamental mulai dari undang-umdang dan semua peraturannya tidak segera dilakukan,” kata Hidayat.

Hidayat mengharapkan keempat undang-undang tersebut harus selesai setidaknya pada Agustus 2006 agar bisa menjadi fundamental Indonesia dalam menarik investasi.

Dikatakan selanjutnya oleh Hidayat, Indonesia kini sudah tertinggal jauh dibandingkan negara lain, terutama China dan India yang dulu satu level dalam daya saing dan daya tarik investasi, tapi China kini sudah tidak terkejar, demikian pula India yang kini menjadi pemimpin dalam berbagai bidang yang tidak mungkin dikejar Indonesia dalam waktu dekat.

“Lebih mengejutkan lagi, dalam survey yang dilakukan World Economic Forum (WEF) yang keluar Desember (2005) kemarin, Vietnam sudah melampaui Indonesia dalam daya saing. Jadi daya tarik investasi di Asia Tenggara, tidak ke Indonesia, tapi ke Vietnam dan Kalau ke Asia tujuannya ke China dan India. Itu fakta yang harus kita terima,” ujar Hidayat.

Oleh karena itu, ia menilai pemerintah harus bergerak cepat menyelesaikan fundamental paket kebijakan investasi bekerjasama dengan parlemen. Terlambat saja satu tahun, menurut Hidayat, situasinya sudah berubah karena mendekati pemilu dan parlemen dinilai akan sulit berbicara soal perubahan undang-undang.

“Kadin berpendapat meskipun (paket kebijakan investasi) terlambat, kalau tahun 2006 tidak melakukan implementasi apa yang sudah dijanjikan pemerintah, maka semua upaya untuk memberikan pertumbuhan ekonomi di atas enam persen, bisa menanggulangi pengangguran, menarik investasi, semua akan sia-sia,” katanya.

“ Mungkin, tertundanya implementasi paket kebijakan investasi yang sebenarnya sudah diusulkan Kadin Indonesia tahun lalu bisa dimaafkan, karena pemerintah sibuk mengurusi bencana alam besar seperti tsunami. “Tapi tahun tidak ada alasan lagi, tahun 2006 adalah tahun implementasi,” kata Hidayat.

Dalam hal ini Hidayat menaruh harapan besar pada Menko Perekonomian Boediono agar berbagai kebijakan investasi itu dapat segera direalisasikan, apalagi Boediono juga dinilainya cukup mampu untuk melakukan koordinasi dengan menteri ekonomi lainnya.

Hidayat juga mengingatkan kepada para menteri agar yang satu dengan menteri yang lain tidak berbeda dalam kebijakan, karena dampaknya akan berakibat menghambat investasi terutama kepastian dunia usaha. “Itu bukan jamannya lagi sekarang,” katanya.

Infrastruktur

Hidayat mendesak agar pemerintah merealisasikan janji membuat peraturan-peraturan yang kondusif bagi pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur yang sudah ditender pada Pertemuan Infrastruktur pertama Pebruari 2005 lalu.

Menurutnya, saat ini ada sejumlah proyek infrastruktur yang sudah ditender dan sudah diputuskan pemenangnya tidak dapat direalisasi, karena masih terbentur pada masalah dalam perolehan tanah, seperti yang terjadi pada delapan ruas proyek jalan tol.

“Pemerintah harus membuat peraturan perundangan yang dijanjikannya pada Infrastucture Summit pertama, sebab kalau tidak, dalam forum Infastructure Summit ke-2, pasti ada perasaan tidak percaya dan skeptik dari investor luar negeri karena apa yang dijanjikan belum teralisir. Ini sesuatu yang menyangkut kredibilitas dan kepercayaan terhadap pemerintah,” ujar Hidayat. (Kapanlagi.com */lpk)

Comments»

1. BERITA EKONOMI « 4rikurni4w4n’s Blog - January 27, 2009

[…] Kadin:paket kebijakan investasi seharusnya sudah dikerjakan setahun yang lalu. March 24, 2006 […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: