jump to navigation

Rajasa: pemerintah akan menambahnya melalui jalur kereta api. February 20, 2006

Posted by ekon in industri, investasi.
trackback

Menteri Perhubungan Hatta Rajasa mengatakan bahwa untuk mempercepat arus pengiriman barang (cargo), pemerintah akan menambahnya melalui jalur kereta api.”

Yang akan mendapatkan prioritas adalah dari kawasan industri di Jawa Barat (Bekasi, Cikarang, Karawang, dan sekitarnya) menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

“Saya sudah mengusulkan tambahan satu proyek kepada Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur (KPPI), yaitu pembangunan sarana jalur kereta api dari sentra-sentra produksi atau kawasan industri menuju Tanjung Priok sebagai alternatif percepatan angkutan kargo yang sekarang ini mengalami hambatan,” kata Hatta Rajasa

Rencana itu tercetus, karena arus angkutan barang atau kargo dari kawasan industri di wilayah Jawa Barat saat ini hanya mengandalkan melalui jalan tol. Padahal jalan tol antara Jakarta-Cikampek kondisinya sudah sangat padat, sehingga mengganggu kelancaran pengangkutan arus barang.

“Walaupun jalan tol akan terus dibangun akan tetapi ada baiknya kalau jalan kereta api juga segera dibangun. Untuk pembangunannya. selain dibiayai oleh pemerintah, sektor swasta juga akan dilibatkan untuk pembangunan akses-akses dari kawasan industri. “ katanya.

Menhub menyebutkan, percepatan arus barang melalui jalur kereta api itu akan dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pembangunan jalur rel kereta api dari Pasoso ke Tanjung Priok, tahap kedua pembangunan jaringan dari Bekasi ke berbagai kawasan industri di Cikarang dan Karawang, dan tahap ketiga pembangunan “dry port” dan akses dari kawasan industri ke jalur kereta api.

Mengenai tahap pertama, dijelaskan Hatta , bahwa Tanjung Priok dan Pasoso sudah ada jaringan rel kereta api. Sehingga yang akan dilakukan hanyalah menyambung kedua titik itu, karena yang terjadi selama ini arus barang berhenti di Pasoso kemudian diangkut dengan truk menuju Tanjung Priok. Hal tersebut akan memakan waktu dan biaya yang mahal.

“Saya harapkan tahun 2007 nanti sudah tersambung ke Tanjung Priok baik yang ke JICT maupun yang ke Koja,” kata Hatta.

Hatta memperkirakan, penyambungan kedua titik itu akan memerlukan biaya sekitar Rp35 miliar dan akan ditangani oleh pemerintah. “ Namun yang menjadi kendala utamanya adalah masalah pembebasan tanah. Akan tetapi saya sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta,” ujar Hatta.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: