jump to navigation

DEPDAG Kerjasama dengan Peritel Modern dan Perbankan untuk Memberdayakan UKM February 15, 2006

Posted by ekon in perdagangan.
trackback

SIARAN PERS  DEPARTEMEN PERDAGANGAN R.I.  Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa UKM Indonesia menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar. Berdasarkan data BPS, jumlah UKM mencapai 42,39 juta unit atau sekitar 99% dari total unit usaha yang tercatat pada tahun 2003, dan mampu menyerap 79 juta atau mendekati 99% dari total angkatan kerja yang bekerja. Sementara peranan UKM terhadap PDB pada tahun 2003 baru mencapai 12,45% (untuk usaha kecil) dan 2,98% (untuk usaha menengah). Berangkat dari premis bahwa UKM Indonesia dapat menjadi tulang punggung perekonomian yang tangguh bila terus dibina dan dikembangkan, maka mulai tanggal 21 s/d 23 November 2005 Pusat Dagang Kecil dan Menengah (PDKM) Departemen Perdagangan akan menggelar DIKLAT khusus bagi UKM. Saat ini telah terdaftar UKM dari 29 provinsi untuk mengikuti DIKLAT yang akan diselenggarakan di Gedung Pusat Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI), Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat ini. Para pelaku UKM dari berbagai daerah akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan mengenai kewirausahaan, promosi, teknologi informasi, dan skema kredit perbankan. Untuk memberikan bobot pada DIKLAT ini, Pusat Dagang Kecil dan Menengah DEPDAG berhasil menggandeng tokoh dan perusahaan terkemuka untuk membagi pengetahuan dan pengalamannya kepada UKM. Mereka antara lain ahli pemasaran Renald Kasali, retail modern Carrefour, Makro, dan Indomaret, konsultan pemasaran Musani Asbi, pembuat tepung terigu Bogasari, dan Asto-JEPE Handicraft. 

Dalam kesempatan DIKLAT ini akan ditandatangani pula Nota Kesepemahaman (MOU) antara PDKM dengan Indomaret untuk kerjasama di bidang akses pasar, dan dengan PT BRI dan dengan Bank Permata untuk kerjasama penyaluran kredit perbankan bagi UKM. 

Kegiatan DIKLAT yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal DEPDAG Hatanto Reksodipoetro ini akan dilanjutkan pada tanggal 24 November 2005 dengan acara Forum Temu Usaha di Hotel Mercure, Jalan Letjen S. Parman Kav. 3. Dalam acara ini UKM peserta DIKLAT akan mendapat kesempatan melakukan peragaan produk, berkonsultasi dengan pelaku perbankan yang diwakili oleh Bank Mandiri, BRI dan Bank Permata, serta berdialog dengan peritel modern Carrefour, Makro dan Indomaret bersama Pusat Koperasi Pasar (PUSKOPPAS). 

PDKM, yang merupakan unit organisasi yang baru terbentuk setelah pemisahan Departemen Perindustrian dan Perdagangan menjadi dua departemen, antara lain bertugas untuk memberikan bimbingan dan memfasilitasi kemitraan usaha dengan UKM. Sesuai tugasnya ini, maka pada tanggal 29 November 2005 bertempat di Hotel Treva, Jalan Menteng Raya No. 33 Jakarta Pusat, PDKM juga akan menggelar Temu Usaha Pengembangan UKM Pangan dan Garmen melalui Kemitraan dengan PUSKOPPAS DKI Jakarta, PT Sarinah, Modern Market, dan Perbankan. 

Biro Umum dan HUMAS DEPDAG 

Jakarta, 21 November 2005

Comments»

1. discount gold brokers inc - October 19, 2012

You ought to take part in a contest for one of the greatest
blogs on the internet. I will recommend this website!

2. att systems - April 6, 2013

You really make it appear really easy with your presentation but I to find this topic to be actually something that
I feel I might by no means understand. It kind of feels too complicated and
extremely extensive for me. I’m having a look forward to your next publish, I’ll attempt to get the
hang of it!

3. creative agency di jakarta - January 9, 2014

Remarkable! Its really awesome post, I have got much clear idea about from this
post.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: