jump to navigation

Indonesia bisa saingi Australia ekspor lobster March 25, 2006

Posted by ekon in perdagangan.
trackback

Sumber: Bisnis Indonesia 
Rabu, 22/03/2006 15:03 WIB
oleh : Adam A. Chevny

SURABAYA: PT Multi Inovasi Mandiri–perusahaan budidaya lobster air tawar di Mojokerto, Jatim–selama dua tahun terakhir rata-rata merealisasikan pemasaran induk lobster 1.500 ekor per bulan seharga Rp250.000/pasang (dua ekor), melalui pola inti plasma dengan para petani yang tergabung Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Jatim.

Sementara itu, Indonesia dinilai berpeluang menyaingi Australia sebagai pengekspor lobster air tawar melalui perluasan budidaya komoditas tersebut skala kolam di pekarangan maupun sistem minapadi. Negeri Kangguru itu disebutkan mengekspor lobster air tawar rata-rata 140.000 ton/tahun ke Singapura dan Jepang.

Dirut PT MIM, Harianto, mengatakan kebutuhan lobster air tawar di pasar Asia cukup besar, sementara areal dan iklim di Pulau Jawa diketahui cocok dimanfaatkan bagi pengembangan komoditas tersebut menggunakan induk asal Australia.

“Kami selama ini mengimpor induk lobster air tawar dari Australia dan menjual kepada plasma seharga Rp250.000/pasang, dan kami menjamin penyerapan hasil anakan atas pembudidayaan lobster itu seharga Rp1.500/ekor umur sebulan,” ujarnya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Menurut dia, pola inti plasma itu telah mencapai ratusan petani yang tergabung KTNA maupun pembudidaya skala kecil lainnya bahkan MIM telah memperluas kerjasama dengan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kab. Pamekasan, Madura. Perluasan kerjasama inti plasma itu diharapkan dapat meningkatkan penjualan induk, setelah MIM selama ini rata-rata memasarkan 1.500 ekor/bulan.

About these ads

Comments»

1. agung - November 1, 2006

mohon infonya alamat PT Multi Inovasi Mandiri di Mojokerto

2. wahyu - November 2, 2006

apakah sekarang msh bs menerima lobster air tawar?harga per kg brp?untuk indukan berapa?kami petani lobster air tawar dari wilayah banjarnegara jawa tengah.

3. eky - November 6, 2006

dimana tempat penjualan lobster air tawar setelah umur 4-7 bulan (khususnya yang ada di surabaya) kebanyakan pembudidaya kesulitan untuk menjual mohon petujuknya.

4. panji - January 1, 2007

Selamat Tahun Baru 2007 semoga penuh harapan yang baru,
Saya lagi memulai usaha pembesaran lobter air tawar yang ingin saya tanyakan umur beapa lamakah lobter air tawar bisa d jual, dan kemanakah menjualnya?
Sekian terima kasih

5. eka - January 2, 2007

Selamat malam,
Saya ada teman di jerman yang menanyakan apakah ada exportir lobster ke jerman? mohon informasinya karena teman saya ini sangat berminat untuk mengimport lobster dari indonesia.. terima kasih

6. Lendi - January 4, 2007

mohon info tentang data perbandingan ekspor lobster indonesia dengan negara eksportir lainnya dalam jangka waktu 5 tahun terakhir. terima kasih.

7. Arsyad - January 6, 2007

1. mohon infonya alamat PT Multi Inovasi Mandiri
2. dimana tempat penjualan lobster air tawar ukuran besar (konsumsi)

8. rudy setiono - January 13, 2007

1. mohon infonya alamat PT. Multi Inovasi Mandiri. \apakah kita bisa kerja sama untuk budidaya lobster air tawar ini.
2. saya juga lagi ternak lobster yang dikembangkan di kolam semen

Nama: Rudy Setiono
Telp: 081-65451017
031-72025134
Alamat: Jl. \semangka V no 16
Pondok Candra

9. hdy - January 16, 2007

ada ga ya…. penampung anakan di depok/cimanggis…..
mohon info nya….
trims

10. rian - March 11, 2007

saya mahasiswa brawijaya jurusan manajemen, saat ini saya tertarik untuk membudidayakan lobster air tawar, khususnya jenis red claw (Cherax quadricarinatus).
apakah usaha ini memiliki prospek ke depan yang cerah?
berapa modal awal yang diperlukan untuk membuka usaha ini (dalam skala besar)?
apakah ada kerjasama yang ditawarkan oleh PT Multi Inovasi Mandiri kepada pemula seperti saya?
terima kasih.

11. Ali Arrijur Riyadh - May 7, 2007

Saya mahasiswa Budidaya perairan Universitas Airlangga,bisa mengajuKan permohonan magang di PT Multi Inovasi Mandiri?

12. prasetyo.sudirjo - May 11, 2007

Ditawarkan bibit lobster. informasi lengkap hubungi 021.8255011
alamat. kompleks PdanK blok:F/6 Jl. kota legenda, Lambangsari, Tambun Selatan – Kab. Bekasi

13. sanesuke - May 18, 2007

wah saya jadi semangat lagi nih. Saya masih skala hobis. Cuman punya 1 set. hehe….saya di bali…Lumayan dah beranak 2 siklus.
Kalo ada teman sesama pecinta lobster yang bermukim di bali saya mohon alamatnya. Saya mau studi banding..Dah lama gak ngikutin perkembangan LAT. Grafiknya naik apa turun y?

14. yunan - May 22, 2007

Mohon informasinya jika ada yang berminat dengan lobster air tawar / mungkin bisa memasarkannya baik lokal maupun eksport. saya distributor dari blitar, jatim. Ditempat saya lobster air tawar sangat menjanjikan sekali. Dimohon kerjasamanya. Terima kasih

15. Rosalina - May 22, 2007

Saya Rosalina, mahasiswi semester 6 salah satu POLTEK di BANDUNG. Saya sangat berminat untuk berwirausaha LOBSTER. Mohon saran apa yang harus saya siapkan untuk memulai usaha ini sebagai pemula.
Terima Kasih

16. red lobster coupon - May 25, 2007

red lobster coupon

red lobster coupon

17. Rachmat Syarif ST - May 26, 2007

Saya tertarik dengan budidaya lobster. mohon info PT Multi Inovasi Mandiri. Apa bisa membeli anakan lobster ? Apa bisa untuk pengiriman Bontang Kaltim? berapa banyak minimal pembelian beserta berapa harganya ? terima kasih.

18. hesa - June 6, 2007

Mohon bantuannya, saya hesa sedang mencari penampung atau penerima lobster australia ukuran 4, dimana yah?

19. Yan - June 11, 2007

Mas, kalo menjual Lobster Redclaw kemana yah ??

20. suko - July 5, 2007

da yang punya data produksi indonesia tentang lobster air tawar tuk konsumsi g ????

21. agung - July 12, 2007

1. mohon no telp dan di mana alamat PT. Multi Inovasi Mandiri?
2. apa bersedia bekerjasama dengan peternak LAT yang sudah mulai dan siap panen namun belum bisa menjual?

thanks

22. Subroto - July 13, 2007

1. kalau kita ingin menjual LAT hasil peternakan kita dimana

23. Subroto - July 13, 2007

1. Kalau mau menjual LAT Redclaw hasil bubidaya kita dimana ?
2. Apakah untuk peternak LAT skala kecil ada peluang ekspornya ?

24. endra - July 18, 2007

jenis LAT apa yang paling diminati di Indonesia ?
untuk pemula sebaiknya memilih jenis ap?

25. Dirga Hantara - July 26, 2007

1. Mohon no. telp dan alamat PT. Multi Inovasi Mandiri ?
2. Kerjasama apa yang bisa dijalin antara PT. Multi Inovasi Mandiri
dengan peternak pemula dalam bisnis LAT ini ?
3. Saya berada di daerah Boyolali (Jateng) disini iklimnya lumayan Dingin
mungkin cocok untuk Budidaya LAT. Apa saran anda ?

TERIMAKASIH

26. dina - August 6, 2007

Salam Hangat,
Saya ingin menanyakan alamat jelasnya PT.Multi Inovasi Mandiri.
Berapa banyak PT.Multi Inovasi Mandiri bisa menampung lobster dari petani?Apakah ada kerjasama kontraknya?
Terimakasih

27. Angel - August 21, 2007

Gua punya udang mirip kalajengking udah gede gede tafi bingung ngejualnya ,… waduuhhh

28. adi - August 27, 2007

saya orang awam yang mulai tertarik untuk bisnis LAT. tapi di iklan-iklan internet, koran, dsb terlihat lebih banyak para penjual yang menawarkan ternaknya dibanding pembeli yang mencari hasil ternak lobster. dalam artian, supply terlihat cenderung lebih besar daripada demand, jadi gimana caranya usaha ini bisa berhasil dong?

29. Rendy - August 27, 2007

saya peternak lobster air tawar jenis RED CLAW.saya mempunyai lobster ukuran 9-12/kg siap panen.kira-kira 2000kg.dimana saya bisa menjual?

30. purbany - September 22, 2007

sy dengar pt mim sdh gulung kolam, apa betul?

31. Indrawan - September 23, 2007

untuk mas Rendy yang punya lobster ukuran 9-12/kg. emang mau dijual harga berapa. kalau harganya cocok mungkin qta bisa kerjasama. bisa hubungi lewat sms atau langsung telepon di 031-70252053

32. soleh - October 18, 2007

saya juga pembudidaya lobster air tawar. stlah umur 6 bulan kesulitan juga penjualannya. tlg dong di bantu?! trus tuk ketentuannya bagaimana? trims sebelumnya

33. udin - October 24, 2007

saya mencoba budi daya lobster…
mulai awal november 2006…
kemudian sekarang sudah beranak banyak sekitar 400 anak…panjang (1-2cm) dan ada lagi sekitar 150 anak (4-5cm)
dan tiga ekor indukan saya juga sedang bertelur lagi…
sampai sekarang saya bingung mencari siapa yang mau membeli…
dan sampai panjang berapa / umur berapa saya harus menjualnya..

mohon bagi yang berminat hubungi di 081326009603

34. monang - November 6, 2007

saya punya lobster yang siap dipanen tapi saya bingung untuk menjualnya. dimanakah saya bisa menjualnya atau tempat penampungan penjualan lobster?

35. bayu - November 9, 2007

bagaimana peluang budidayanya dibali apakan anda mau membeli hasil pembesaran yg siap konsumsi

36. sahrul - November 24, 2007

saya mau beternak lat, tapi masih bingung penjualan hasil panennya kmana / tempat pengepulnya terutama yang di surabaya ?, mohon kalo tau sms / hubungi di 081 3311 62267

37. udin_curl - December 9, 2007

udah hampir setahun saya mulai budi daya lobster di rumah.perkembangan pesat anakan pertama udah mencapai panjang 5-7 cm.saat ini saya masih kesulitan untuk pemasaran.bagaimana cara yg efektif untuk menjual lobster saya.

udin
02470332880-081326009603
Jl.pringgodani 1/20 Semarang 50141.

38. stefanny - December 13, 2007

saya sudah setahun memelihara budiday Lobster ini di toko saya, perkembangan nya sangat baik, bibit yang tersedia sudah sekitar 5000 lebih, saat ini saya sedang melakukan pemasaran .sampai sekarang saya masih bingung awal pemasarannya. bagi yang berminat dapat hubungi saya :

stefanny
021-987 388 96
jl jati kramat no 31 a
pondok gede

didik - March 15, 2011

bisa saya datang kerumahnya, nonya tdk bisa dihubungi. hub saya 021 93301145 didik

39. panji - February 13, 2008

nama saya revy, saya mhswi perikanan unpad,, mw minta data pembudidaya, pengepul, padagang besar, pengecer di bandung dung,, kirim ke imel saya aza irevy@yahoo.com thx.. penting bwt penelitian sy niy..

40. radja_kwok - March 14, 2008

assalamualaikum,saya sangat berminat untuk beternak LAT,tapi gimana caranya untk membudidayakanya.trus kmna cara untk menjual lobter yang sudah siap panen,apa ada yang mau menerima?

41. Rameindra,SH - March 17, 2008

ass ww, sebelumnya sy mhn maaf langsung ke pokok masalah. Sy mhn bantuannya u/ memberikan tips/langkah2 u/ memulai usaha budidaya lobster air tawar dimana sy sama sekali tidak tahu atau dapat dikatakan kalau sy buta dgn budidaya ini. Dan mhn berapa biaya yg harus sy siapkan untuk usaha ini. trims sebelumnya.

42. Audian - March 23, 2008

apa benar lat itu punya prospek untuk konsumsi???saya blum pernah tahu ada yang udah bener2 berhasil?kok pangsa pasarnya ga pernah jelas???

43. faruq - March 24, 2008

berapa harga 1 kg lobster air tawar untuk surabaya sekarang ini?
kok pangsa pasarnya ga pernah jelas???

44. Tanjong - April 9, 2008

Saya dari Semarang, sedang memulai untuk beternak lobster. Sudah mulai bertelur. Pertanyaannya, siapakah yang siap membeli jika stok sudah banyak? Lebih laku jika dijual dalam bentuk bibit atau dewasa ?

45. Dyan - April 28, 2008

Sy trtarik tuk budidaya lobster,tp prospeknya bagus gak ya!n umur brp lobster untk siap panen/konsumsi.mhon infonya ya k imel sy dyan@bekasi.wasantara.net.id haturthanyu.

46. dian arianto S - May 15, 2008

saya dari pekalongan, minta info mendapatkan pelatihan beternak lobster donk, trus gimana beli indukannya

47. farid - May 18, 2008

Saya mau tanya harga alat pemotong rumput, Terima kasih

48. farid - May 18, 2008

Saya mau tanya harga alat pemotong rumput, Terima kasih

49. farid - May 18, 2008

Sorry saya tadi salah tulis sebenarnya yang saya maksud adalah alat pencacah rumput/ jerami.Terima kasih

50. robby - May 23, 2008

mohon info untuk penjualan hasil LAT. untuk kategori ekspot ( dengan Kontrak Minmial Berapa banyak 1 bulan.)terima kasih

51. utara - May 26, 2008

Mohon infonya untuk pengepul LAT yang ada di Bekasi…

52. utara - May 26, 2008

Oh ya maaf… kalo ada yang tahu info pengepul LAT di Bekasi.. tolong email ke dariutara@gmail.com. Makasih..

53. rahbul - June 2, 2008

Tolong Info tentang biodiesel buatan PT MIM
Berapa harga mesin pembuat biodiesel buatan PT MIM?benarkah harganya 12,5 juta rupiah dengan kapasitas 25 liter/hari??

Mohon infonya, terima kasih

54. Applicably - June 19, 2008

Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

cheers, Applicably!!!

55. Bpk. H. Sagiman - June 26, 2008

Tolong beritahu kami cara membudidayakan lobster(konsumsi) air tawar. Lalu dimana saya bisa membeli bibit udang lobster serta indukannya di wilayah Jakarta Timur. Tolong segera beritahu saya serta persyaratan media yang dibutuhkan. Mohon bantuan anda untuk segera membantu kami. kami tunggu email anda secepatnya..

56. Mad Buang - July 14, 2008

bagai mana cara mengExpor lobster ke jepang

57. Yunan - July 16, 2008

Saya dari daerah semarang.saya mau tanya.
Kepada siapa saya harus menjual lobster air tawar

58. sandro - July 31, 2008

saya ingin mencoba ternak lobster tp kemna saya nanti jual??? mohon bales ke 08998362769

59. ZeE_Qo - July 31, 2008

saya ingin coba ternak lat,untuk mendapatkan bibit diwilayah bandung didaerah mana…?
bagai mana cara pemasarannya…..?
tolong bantuannya,, “022-91704071 or Zico_kembung@plasa.com
………………………………………..pls………………………………………………

60. budi - August 2, 2008

salam…
saya mau mencoba belajar dan terjun langsung mebudidayakan udang lobster,bagai mana dan dimana cara saya mendapatkan bibit,dan menjualnya, kemuadian bagai mana saya bisa memasarkanya.
saya ingin membantu lingkungan di sekitar saya untuk mencoba memberantas kemiskinan yang ada di daerah saya

61. andri - August 14, 2008

saya ingin mencoba membudidayakan lobsterdisamping saya penggemar fauna saya juga ingin belajar berwirausaha dibidang ini, mohon tatacara untuk memulai usaha ini

62. ahmad - August 26, 2008

saya pernah membaca di situs internet tentang kendala pemasaran lobster…hingga membuat para peternak udang lobster teramat sangat ke sulitan menjual hasil ternak mereka

63. eki - September 11, 2008

Saya mau mulai berternak lat,dimana saya bisa membeli indukan lobster air tawar,di kawasan cibinong?.bila sdh bisa dmn saya dpt menjualnya??.mhn bantuannya.blz 081382007759

64. yayah - September 18, 2008

Tolong beritahu kami info lengkap tentan lobster dan bagaiman cara membudidayakan lobster(konsumsi) air tawar. Lalu dimana saya bisa membeli bibit udang lobster serta indukannya di wilayah Jakarta Timur. Tolong segera beritahu saya serta persyaratan media yang dibutuhkan. Mohon bantuan anda untuk segera membantu kami. kami tunggu email anda secepatnya..

65. Gobang - September 19, 2008

Tabe tuan !!!
untuk para demang yang tau pemasaran-nye tolong dong dibantu kite yang di baweh pengen maju biar bisa nyekolahin anak biar jadi demang kaya’ ente semue, sekali lagi tolong di siarin care pemasaran-nye . terime kasih.

Wassalam

66. hadit - October 11, 2008

hi . utuk para supplayer lobter saya punya lobter air laut dari lobter pakistan,batu dan batik sapa berminat bisa hubungi saya di 0361 7957855. harga bersaing

67. dnul - October 24, 2008

bang gmana cara membedakan cewek ma cowokna?

68. AM Mulyadi - November 13, 2008

pak apakah bapak bisa bantu utk membeli LAT saya sebesar 5 inch dan saya sanggup utk menyediakan utk kemudian Bp ekspor, Bagaimana spesifikasi/ syarat yang Bp tentukan dan bagaimana cara pengiriman dan harganya?
terima kasih,
mulyadi

69. obet - November 16, 2008

saya mau tanya..kemampuan produksi lobster air tawar indonesia,kira2 berapa ton per thn y?trimakasih

70. agus - November 21, 2008

saya mau tanya ke mana saya bisa menjual lobster antara umur ( 4-7 bulan ) ? saya menernak di rumah saya di ciputat, banten.
berapa harga per ekornya jika umur 4-7 bulan ?
terima kasih sebelumnya.

71. ardhian - December 5, 2008

please dimana dan bagaimana cara memasarkan LAT, saya peternak dari Solo ada banyak stok siap konsumsi atau indukan ada telur, dan bibit. jangan hanya angin surga saja….ayo dong berbagi untuk kemakmuran bersama.

72. dien - December 8, 2008

boleh juga nih kalo pelatihan budidaya LAT nya didaerah Batang-Pekalongan. Ada yg bisa bntu, where should to go?

73. Fahdiansyah Rambe - January 27, 2009

Manfaatkan Pekarangan Rumah Anda Budidaya Lobster Air Tawar.

IslamiC Lobster Center Farm
ProduCt ILC Farm:
1. Benih LAT berkualitas Ukuran (2inUP) Siap tebar
1200/100 ekor.
2. Indukan LAT Berkualitas Super, Bebas Virus&penyakit (Bersertifikat ILC)
1 set 1 sertifikat ( 5betina + 4jantan ) Garansi Apabila tidak bertelur

4”/set =250.000,-
4.5”/set =320.000,-
5”/set =400.000,-

ILC Farm:
Komp Islamic Village, JL Korma Raya
Karawaci Tangrang – BANTEN
Fahdiansyah Rambe
081380997117

74. Drs.Bakrin ,M.Si - February 19, 2009

Bagi kawan-kawan/saudara yang berminat berbisnis lobster air tawar [LAT} saya sarankan agar BUATLAH ORGANISASINYA ( koperasi / firma ) untuk setiap propinsi yang terdiri Kabupaten/Kota. Kita harus mulai belajar bersatu dalam kegiatan ekonomi dg Judul Gotong Royong ( guyub rukun).Setelah itu perluaskan ke kalangan birokrsi Perikanan di Daerah asing-masing dan kaitkan pembiayaannya dg Bantuan UKM/PNM/UMKM dsb.Jika Perlu Tanyakan ke Departemen Kelautan ( Prof.DR.Martani Huseini,MBA dan/atau Ke Prof DR.Ir.Syamsul Ma arif MA.) sepanjang saya tahu kedua beliau sangan konsern pada kedua hal yaitu Pemberdayaan Ekonomi kerakyatan ( Pertanian dan Perikanan ).

75. Drs.Bakrin ,M.Si - February 19, 2009

apabila terjadi hambatan anda semua bisa kirim atau uraikan persoalan anda ke e-mail saya

bakrinboedhiyono@yahoo.co.id

76. putrihusiantony - February 28, 2009

mohon infonya alamat peternakan lobster di surabaya

77. RHINO - March 1, 2009

saya butuh eksportir lobster bisa beritahu kontak nya.trims
no.saya 081264330220.

78. Aji - March 18, 2009

pemasaran LAT didaerah bekasi- cikarang ada apa tdk ya.minta infonya dong..trims

79. Iksan - April 8, 2009

Tolong informasi perkumpulan ternak lobster Semarang.
contact saya 085.796.029.493
Thx

80. Arif - April 24, 2009

saya punya lobster, untuk daerah jawa tengah ada tidak penampung untuk penjualannya?????

81. Arif - April 24, 2009

perkumpulan ternak lobster semarang ada tidak???
alamatnya mana, contect saya 081548131203

82. ruby - April 24, 2009

pak saya dah mulai ternak lobster LAT, rumahan, gimana cara menjualnya dan perhimpunan penjualan Lobster untuk wilayang bogor dimana ya pa?? Terima kasih, tolong email kesaya penjelasannya terima kasih
ruby_kriswandi@yahoo.co.id

83. endro - May 5, 2009

tolong informasinya perkumpulan peternak LAT didaerah solo…
makasih …

endro
085293333771

84. rofiQ - June 9, 2009

saya berminat budi daya lobster, tapi saya kebingungan untuk mencari bibtnya,,,,mohon bantuannya bagi teman-teman yang menjual bibit lobster. agar secepatnya menghubungi saya ke alamat email saya . . .terima kasih
rofiqyusro@ymail.com

85. syahbudin - August 4, 2009

saya adalah peternak lobster di sulawesi sampai saat ini saya masih belum bisa memasarkan lobster saya ini,padahal saya dapat menghasilkan panen lobster sekitar 400-450 kg per bulannya.tolong di bantu pasarannya gimana yah.

86. syahbudin - August 4, 2009

400-450 kg/bln bagaimana pasarkan?.081241464141

87. filda - August 20, 2009

Jual Benih lobster untuk pembesaran konsumsi 50 ekor benih ukuran 1-2inchi

88. eko - September 19, 2009

Lobster Air Tawar.

Jenis Cheraxquadricanus/ Redclaw/ Capit_merah
Ukr 1″ = Rp 500,- /ekor
2″ = Rp 1.200,- /ekor
Induk Rp. 150.000/set (3 jantan + 5 betina)

Terima pengiriman luar Jogja.
Untuk pemesanan dari luar daerah ongkos kirim ditanggung pemesan.

Hub : Eko / 081 931778723

yokke - April 3, 2010

alamatnya dmn?
hubungi/sms 085726800051 thnx b4
(semarang)

89. rezadoank64 - June 7, 2010

Bth supplay Lobster Air Tawar ukuran 10-15 ekor/kilo rutin 40-50kilo/minggu , yg serius hub.081317020980, Segera!!!

90. Eko - August 26, 2010

au mw Cr bbt LAT
tl0ng dhbngi 081332623883
or “ekoshiver@yahoo.com”

smga da eank bz bntU. . .

91. agus - November 3, 2010

saya cari induk lobster air tawar, untuk di kalimantan timur ada yg jual ka ???

92. ismail - December 25, 2010

Saya mau merintis usaha lobster :
1. Dimana saya dapat membeli indukan maupun anakan di wilayah gresik,surabaya.
2. Berapa harganya
3. Bagaimana penjualan nanti jika sudah banyak apakah ada yang menampung?
Tolong segera dibalas. TRIM’S

93. ian - March 11, 2011

salam kenal nama saya ian saya ingin menawarkan lobster air tawar, harga :
anakan 1″ harga 1300/ekr min order 1000 ekr
anakan 2″ harga 1700/ekr min order 1000 ekr
indukan 5″ harga 150rb/set ( 3 jntn & 5 btina )
lobster konsumsi harga 125rb/kg ( isi 10 )
indukan gendong telur 5″ harga 40rb/ekr
kami juga menawarkan pemitraan, bila membeli indukan dari kmi, dapat kmi tmpung kmbali hasilny
untuk info lbh lnjut hub saja no saya 081385655868

qefin - March 28, 2011

b3 d’krm k’pontianak ga…….?

94. zikri - April 9, 2011

boleh”

95. hidayat - August 7, 2011

sya punya lobster air tawar .. yg ingin dijual sebayak 15 ton…
mohon hubungi ke email sya.. hidayat.rifan@ymail.com..
mohon bantuan nya….

96. kadek - January 20, 2012

saya ada rencana pembesaranobster air tawar di bali,kira2 bgaimana & kmna pemasarannya.?

97. cleanupservant - January 22, 2013

I appreciate, lead to I found exactly what I used to be taking a look for. You’ve ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

98. ebith - July 26, 2013

jual indukan dan anakan Lobster Air Tawar wilayah Bontang, Kalimantan Timur.

Hub : 085250300106

99. Angga - June 8, 2014

LOBSTAR Surabaya siap bekerja sama untuk memasarkan Lobster Air Tawar, hubungi kami 031-72969303, 081230690443, 085707105679

100. Nurhasanah - November 16, 2014

sy ingin lbh tau cr budidaya lobster


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: